Rangkuman M7 Softskill MLSI
Nama :
Imanuel Jeremia H
NPM :
17120008
Kelas :
2KA04
RANGKUMAN
Makalah
Manajemen Laayanan Sistem Informasi
Manajemen
pelayanan adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan hasil
kepada pelanggan dalam bentuk layanan. «Kemampuan Khusus Organisasi» ini meliputi
proses, kegiatan, fungsi dan peran yang menggunakan penyedia
layanan dalam memberikan layanan kepada pelanggan mereka, serta kemampuan untuk membangun struktur
organisasi yang cocok, mengelola pengetahuan dan memahami bagaimana
memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai. Meskipun tidak ada definisi tunggal profesi, profesi diterima secara luas bahwa kata
profesi berlaku di mana sekelompok orang berbagi standar umum dan disiplin
berdasarkan tingkat tinggi pengetahuan dan keterampilan, yang diperoleh dari skema pendidikan terorganisir
didukung oleh pelatihan melalui pengalaman dan diukur dan diakui melalui
kualifikasi formal. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer
untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan
oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah
yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada
konsumennya.
Layanan TI yang ada pada saat ini salah satunya ialah Detik sumsel. Standar kerangka kerja tata kelola TI yang dikenal diantaranya adalah Infrastructure Technology Information Library , ISO/IEC 20000, COBIT dan ISO /IEC 38500. Dari standar kerangka kerja tata kelola TI yang disebutkan, yang termasuk kepada bagian manajemen layanan TI ialah ITIL dan ISO/IEC 20000. ITIL sebuah layanan TI dari ide pengadaan, perencanaan, 3 pengembangan sistem, operasional layanan TI, dan perbaikan serta pengembangan, hingga layanan TI dihentikan.
Komentar