Rangkuman M7 Softskill MLSI

Nama  : Imanuel Jeremia H

NPM   : 17120008

Kelas  : 2KA04

 

RANGKUMAN

Makalah Manajemen Laayanan Sistem Informasi

 

Manajemen pelayanan adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan hasil kepada pelanggan dalam bentuk layanan. «Kemampuan Khusus Organisasi» ini meliputi proses, kegiatan, fungsi dan peran yang menggunakan penyedia layanan dalam memberikan layanan kepada pelanggan mereka, serta kemampuan untuk membangun struktur organisasi yang cocok, mengelola pengetahuan dan memahami bagaimana memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai. Meskipun tidak ada definisi tunggal profesi, profesi diterima secara luas bahwa kata profesi berlaku di mana sekelompok orang berbagi standar umum dan disiplin berdasarkan tingkat tinggi pengetahuan dan keterampilan, yang diperoleh dari skema pendidikan terorganisir didukung oleh pelatihan melalui pengalaman dan diukur dan diakui melalui kualifikasi formal. Contohnya, proses pembuatan perangkat lunak komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.

Layanan TI yang ada pada saat ini salah satunya ialah Detik sumsel. Standar kerangka kerja tata kelola TI yang dikenal diantaranya adalah Infrastructure Technology Information Library , ISO/IEC 20000, COBIT dan ISO /IEC 38500. Dari standar kerangka kerja tata kelola TI yang disebutkan, yang termasuk kepada bagian manajemen layanan TI ialah ITIL dan ISO/IEC 20000. ITIL sebuah layanan TI dari ide pengadaan, perencanaan, 3 pengembangan sistem, operasional layanan TI, dan perbaikan serta pengembangan, hingga layanan TI dihentikan. 

Komentar

Postingan Populer