Specification of services and business models dan service management system

 

Nama          : Imanuel Jeremia H

NPM           : 17120008

Kelas          : 2KA04

 

 

Tugas M5

Specification of Services and Business Models”

Dan “Service Management System”

 

A.          Specification of Services and Business Models

 

Apa itu Specification of Services?

Yaitu pedoman tertulis yang mengklarifikasi semua persyaratan dan tujuan dari setiap tahan tertentu dari pengalaman layanan titik sentuh. Spesifikasi layanan biasanya menyebutkan juga prinsip desain yang menginspirasi seluruh proyek, mendefinisikan fondasi pengalaman keseluruhan.

Terdapat beberapa contoh dari persyaratan yg ada :

1.    Nama layanan

2.    Informasi izin

a.    Manajer tingkat layanan

b.    Izin lembar Spesifikasi Layanan oleh Manajemen Layanan

·        Manajer kapasitas

·        Manajer ketersediaan

·        Manajer kontinuitas layanan IT

·        Manajer keuangan

c.    Deskripsi layanan

·        Deskripsi singkat layanan

·        Pengguna layanan IT di sisi klien

·        Perincian layanan yang ditawarkan ke dalam grup layanan, misal dalam aplikasi IT

·        Waktu layanan

·        Dll

Apa itu Business Models?

Menurut Alexander Osterwalder, Business Models adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat, mendeliver dan menangkap value yang ada. Business Models bersifat seperti blueprint untuk strategi yang akan dijalankan ke semua organisasi proses maupun sistemnya. Semua pelaku usaha wajib mempunyai konsep pemahaman yang baik, relevan dan mudah dipahami.

 

Apa itu Service Management System?

Yaitu menggambarkan langkah strategis ke arah merancang, memberikan, mengelola, dan meningkatkan cara bisnis memanfaatkan layanan TI. ITSM memastikan campuran teknologi yang tepat, orang-orang dan proses digunakan untuk menawarkan nilai yang tepat. Ini mencakup semua aktivitas berbeda yang mendukung layanan di sepanjang siklus hidupnya.

Proses Manajemen Layanan tersebut terdapat beberapa :

  • Service Strategy
  • Service Design
  • Service Transition
  • Service Operation
  • Continual Service Improvement (CSI)

b.   Service Strategy

Adalah tahapan awal yang membentuk sebuah kerangka dasar pembuatan proses ITSM perusahaan. Terdiri dari menyiapkan dan menentukan layanan yang akan diberikan perusahaan.

Service Design

Pada tahapan ini merencanakan dan merancang layanan TI yang diberikan perusahaan untuk memenuhi tuntutan bisnis dan pasar. Ini membantu meningkatkan layanan dalam proses dan merancang layanan.

Service Transition

Pada tahapan ini pembangunan dan pengujian layanan dilakukan untuk desain layanan TI dan prosesnya telah diperbaiki agar proses sesuai dengan yang dirancang.

Service Operation

Pada tahapan ini penerapan desain yang diuji di lingkungan hidup. Tim TI harus bisa memastikan masalah yang dihadapi pengguna nanti bisa diatasi dengan baik.

Continual Service Improvement (CSI)

Pada tahapan ini yaitu mencari tahu bagian – bagian pada sistem IT yang dapat dilakukan peningkatan atau perubahan sehingga mencapai penyesuain dengan teknologi terbaru.


Daftar Pustaka :

Apakah Business Model itu? - IPQI

Service specifications – BLC 304/05 Procurement Management (pressbooks.com)

Komentar

Postingan Populer