Specification of services and business models dan service management system
Nama :
Imanuel Jeremia H
NPM :
17120008
Kelas :
2KA04
Tugas
M5
“Specification
of Services and Business Models”
Dan
“Service Management System”
A.
Specification
of Services and Business Models
Apa itu Specification of
Services?
Yaitu pedoman tertulis yang
mengklarifikasi semua persyaratan dan tujuan dari setiap tahan tertentu dari pengalaman
layanan titik sentuh. Spesifikasi layanan biasanya menyebutkan juga prinsip
desain yang menginspirasi seluruh proyek, mendefinisikan fondasi pengalaman keseluruhan.
Terdapat beberapa contoh dari
persyaratan yg ada :
1.
Nama
layanan
2.
Informasi
izin
a.
Manajer
tingkat layanan
b.
Izin
lembar Spesifikasi Layanan oleh Manajemen Layanan
·
Manajer
kapasitas
·
Manajer
ketersediaan
·
Manajer
kontinuitas layanan IT
·
Manajer
keuangan
c.
Deskripsi
layanan
·
Deskripsi
singkat layanan
·
Pengguna
layanan IT di sisi klien
·
Perincian
layanan yang ditawarkan ke dalam grup layanan, misal dalam aplikasi IT
·
Waktu
layanan
·
Dll
Apa itu Business Models?
Menurut Alexander Osterwalder, Business
Models adalah gambaran dasar bagaimana sebuah organisasi membuat,
mendeliver dan menangkap value yang ada. Business Models bersifat seperti
blueprint untuk strategi yang akan dijalankan ke semua organisasi proses maupun
sistemnya. Semua pelaku usaha wajib mempunyai konsep pemahaman yang baik,
relevan dan mudah dipahami.
Apa itu Service Management
System?
Yaitu menggambarkan langkah
strategis ke arah merancang, memberikan, mengelola, dan meningkatkan cara
bisnis memanfaatkan layanan TI. ITSM memastikan campuran teknologi yang tepat,
orang-orang dan proses digunakan untuk menawarkan nilai yang tepat. Ini
mencakup semua aktivitas berbeda yang mendukung layanan di sepanjang siklus
hidupnya.
Proses Manajemen Layanan tersebut terdapat beberapa :
- Service Strategy
- Service Design
- Service Transition
- Service Operation
- Continual Service Improvement (CSI)
b. Service Strategy
Adalah tahapan awal yang
membentuk sebuah kerangka dasar pembuatan proses ITSM perusahaan. Terdiri dari
menyiapkan dan menentukan layanan yang akan diberikan perusahaan.
Service Design
Pada tahapan ini merencanakan
dan merancang layanan TI yang diberikan perusahaan untuk memenuhi tuntutan
bisnis dan pasar. Ini membantu meningkatkan layanan dalam proses dan merancang
layanan.
Service Transition
Pada tahapan ini pembangunan dan
pengujian layanan dilakukan untuk desain layanan TI dan prosesnya telah
diperbaiki agar proses sesuai dengan yang dirancang.
Service Operation
Pada tahapan ini penerapan
desain yang diuji di lingkungan hidup. Tim TI harus bisa memastikan masalah yang
dihadapi pengguna nanti bisa diatasi dengan baik.
Continual Service Improvement
(CSI)
Pada tahapan ini yaitu mencari
tahu bagian – bagian pada sistem IT yang dapat dilakukan peningkatan atau perubahan
sehingga mencapai penyesuain dengan teknologi terbaru.
Daftar Pustaka :
Apakah Business Model itu? -
IPQI
Service
specifications – BLC 304/05 Procurement Management (pressbooks.com)
Komentar