FUNGSI MANAJEMEN PT ADHI KARYA TBK
PT Adhi Karya Tbk merupakan perusahaan publik yang bergerak
di bidang konstruksi dan bertempat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini
didirikan pada tahun 1985. PT Adhi Karya memiliki beberapa anak perusahaan,
antara lain :
- PT Adhi Realty
- Adhi Oman LLC
- PT Duri Indah Raya
- PT Adhicon Persada
- Adhi Multipower Pte Ltd
Salah satu hasil karya terbesar dari PT Adhi Karya adalah
Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan laut terpanjang se-Asia Tenggara
POAC
1. Planning
PT Adhi Karya memiliki sasaran pembangunan infrastruktur di
Indonesia dalam masa sekarang dan yang akan datang akan terus meningkat. Selain
itu PT Adhi Karya juga memiliki beberapa strategi perusahaan, yaitu :
- Meningkatkan kepuasan pelanggan
secara tulus dan berkesinambungan
- Memacu pertumbuhan Jasa
Konstruksi melalui Concept & Solution Provider
- Penguasaan dan peningkatan
kemampuan di bidang Oil & Gas dan Power Plant
- Membangun
kapabilitas/kompetensi karyawan sesuai kebutuhan yang terus berkembang
- Membangun Sistem Informasi
Perusahaan yang berbasis IT
- Mendukung kesinambungan dan
kestabilan lingkungan dalam setiap pelaksanaan pekerjaan
2. Organizing
PT Adhi Karya dipimpin oleh seorang Direktur Utama yang
bernama Bambang Triwibowo. Beliau dibantu oleh 4 direktur yaitu Direktur Operasi
1, Direktur Operasi 2, Direktur Pengembangan Usaha dan Direktur Keuangan &
SDM. Perusahaan ini juga dibagi ke dalam beberapa divisi dan departemen. Divisi
adalah merupakan tanggung jawab direktur operasi 1 dan 2, yaitu :
- Divisi Konstruksi I-VII
- Divisi Internasional
Sedangkan departemen merupakan tanggung jawab Direktur
Pengembangan Usaha dan Direktur Keuangan & SDM, yaitu :
- Departemen Riset
- Departemen Keuangan
- Departemen Penunjang Operasi
- Departemen Sistem Manajemen
Informasi
- Departemen SDM
- Departemen EPC
- Departemen Manajemen Risiko
3. Actuating
Dalam kegiatan operasionalnya PT Adhi Karya, secara garis
besar terbagi dalam 3 bidang yaitu,:
- Jasa konstruksi
Bidang jasa konstruksi didukung oleh divisi-divisi yang
tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. Dimana beberapa divisi diarahkan
sebagai divisi spesialis, yaitu spesialis gedung, spesialis infrastruktur
dengan teknologi tinggi dan spesialis EPC. Jasa konstruksi terbagi menjadi 2
kelompok, yaitu :
a. Infrastruktur
: terdiri dari proyek-proyek infrastruktur seperti jalan, jembatan, pengairan,
pembangkit listrik dan lain-lain
b. Bangunan :
terdiri dari pekerjaan yang berhubungan dengan gedung bertingkat seperti hotel
dan perkantoran, pembangunan fasilitas umum seperti rumah sakit dan sekolah,
bangunan komersial, perumahan, kawasan industri dan manufaktur dan sebagainya
- EPC
Pada proyek EPC, PT Adhi membangun pembangkit listrik dan
oil & gas. Dan wilayah operasinya hanya di Indonesia
- Investasi
PT Adhi membatasi hanya terjun ke bidang investasi yang
dekat dengan bidang konstruksi saja misalnya jalan tol, properti dan lain-lain
4. Controlling
PT Adhi Karya melakukan pengawasan secara umum oleh
manajemen atas perusahaan yaitu Direktur Utama dan bawahannya. Selain itu,
karena perusahaan ini berbentuk perseroan terbatas maka para pemegang saham
secara tidak langsung akan ikut mengawasi kinerja perusahaan.
CSR
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social
Responsibility (CSR) pada PT Adhi Karya merupakan tuntutan para pemangku
kepentingan (baik pemegang saham, karyawan, pemasok, partner, pemerintah,
Lembaga Swadaya Masyarakat, masyarakat secara luas maupun lingkungan alam). PT Adhi senantiasa menyelaraskan pertumbuhan
perusahaan dengan kepedulian terhadap masyarakat dan kepedulian terhadap
pelestarian lingkungan alam. Di lingkup bisnis, PT Adhi menerapkan perlindungan
hak-hak konsumen dengan menerapkan Kebijakan Mutu dan Pemeliharaan Lingkungan.
PT Adhi juga membentuk Pusat Pengaduan Konsumen yang menjadi media untuk
membahas masalah-masalah yang muncul di lapangan. Kepada para konsumen dan
pelanggan, pada tahun 2007, PT Adhi telah melakukan survey tingkat kepuasan
pelanggan atas jasa yang diberikan oleh perusahaan. Hasil survey lembaga
independen tersebut menyatakan, 84% responden puas dengan jasa dan layanan yang
diberikan. Sebagai BUMN, PT Adhi
dituntun oleh Program Kemitraan untuk membantu pengembangan ekonomi skala kecil
dan mikro, serta Program Bina Lingkungan untuk membantu pengembangan
masyarakat. Pendanaan Program Kemitraan diperoleh dari penyisihan laba bersih
maksimal 2% per tahun. Untuk tahun 2007, PT Adhi telah menyalurkan Rp 2,272
milyar untuk mendanai usaha mikro dan kecil dengan bunga lunak. Naik 100%
dibanding alokasi tahun 2006 yang sebesar Rp 1,100 miliar. Sebaran bantuan dana
Rp 2,272 miliar itu dilakukan di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung, Jawa
Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah serta
Jawa Timur. Program Bina Lingkungan PT Adhi untuk tahun 2007 dialokasikan
sebesar Rp 204,750 juta. PT Adhi juga membantu penderitaan korban bencana alam
di Balikpapan, Jakarta, Kudus, dan Bojonegoro.
Kesimpulan CSR dan Etika Perusahaan
Dalam pelaksanaannya PT Adhi Karya sudah melakukan tugas
yang sangat baik dalam memenuhi tanggung jawab sosialnya. Jika dilihat dari
sisi strategi, PT Adhi menggunakan strategi proaktif. Banyak sekali dana yang
dikeluarkan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosialnya. Perusahaan
ini memandang bahwa tanggung jawab sosial adalah tanggung jawab untuk memuaskan
stakeholders, yang nantinya akan membuat citra perusahaan akan menjadi lebih
baik.
Secara etika PT Adhi Karya juga tidak melakukan hal-hal yang
melanggar etika bisnis. Perusahaan sudah melakukan survey yang membuktikan
bahwa mereka tidak mengecewakan konsumen yang berarti kualitas kerja mereka
terjamin.
http://prayogac.blogspot.co.id/2011/03/poac-csr-dan-etika-dalam-perusahaan.html
PT Adhi Karya Tbk merupakan perusahaan publik yang bergerak
di bidang konstruksi dan bertempat di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini
didirikan pada tahun 1985. PT Adhi Karya memiliki beberapa anak perusahaan,
antara lain :
- PT Adhi Realty
- Adhi Oman LLC
- PT Duri Indah Raya
- PT Adhicon Persada
- Adhi Multipower Pte Ltd
Salah satu hasil karya terbesar dari PT Adhi Karya adalah
Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan laut terpanjang se-Asia Tenggara
POAC
1. Planning
PT Adhi Karya memiliki sasaran pembangunan infrastruktur di
Indonesia dalam masa sekarang dan yang akan datang akan terus meningkat. Selain
itu PT Adhi Karya juga memiliki beberapa strategi perusahaan, yaitu :
- Meningkatkan kepuasan pelanggan
secara tulus dan berkesinambungan
- Memacu pertumbuhan Jasa
Konstruksi melalui Concept & Solution Provider
- Penguasaan dan peningkatan
kemampuan di bidang Oil & Gas dan Power Plant
- Membangun
kapabilitas/kompetensi karyawan sesuai kebutuhan yang terus berkembang
- Membangun Sistem Informasi
Perusahaan yang berbasis IT
- Mendukung kesinambungan dan
kestabilan lingkungan dalam setiap pelaksanaan pekerjaan
2. Organizing
PT Adhi Karya dipimpin oleh seorang Direktur Utama yang
bernama Bambang Triwibowo. Beliau dibantu oleh 4 direktur yaitu Direktur Operasi
1, Direktur Operasi 2, Direktur Pengembangan Usaha dan Direktur Keuangan &
SDM. Perusahaan ini juga dibagi ke dalam beberapa divisi dan departemen. Divisi
adalah merupakan tanggung jawab direktur operasi 1 dan 2, yaitu :
- Divisi Konstruksi I-VII
- Divisi Internasional
Sedangkan departemen merupakan tanggung jawab Direktur
Pengembangan Usaha dan Direktur Keuangan & SDM, yaitu :
- Departemen Riset
- Departemen Keuangan
- Departemen Penunjang Operasi
- Departemen Sistem Manajemen
Informasi
- Departemen SDM
- Departemen EPC
- Departemen Manajemen Risiko
3. Actuating
Dalam kegiatan operasionalnya PT Adhi Karya, secara garis
besar terbagi dalam 3 bidang yaitu,:
- Jasa konstruksi
Bidang jasa konstruksi didukung oleh divisi-divisi yang
tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. Dimana beberapa divisi diarahkan
sebagai divisi spesialis, yaitu spesialis gedung, spesialis infrastruktur
dengan teknologi tinggi dan spesialis EPC. Jasa konstruksi terbagi menjadi 2
kelompok, yaitu :
a. Infrastruktur
: terdiri dari proyek-proyek infrastruktur seperti jalan, jembatan, pengairan,
pembangkit listrik dan lain-lain
b. Bangunan :
terdiri dari pekerjaan yang berhubungan dengan gedung bertingkat seperti hotel
dan perkantoran, pembangunan fasilitas umum seperti rumah sakit dan sekolah,
bangunan komersial, perumahan, kawasan industri dan manufaktur dan sebagainya
- EPC
Pada proyek EPC, PT Adhi membangun pembangkit listrik dan
oil & gas. Dan wilayah operasinya hanya di Indonesia
- Investasi
PT Adhi membatasi hanya terjun ke bidang investasi yang
dekat dengan bidang konstruksi saja misalnya jalan tol, properti dan lain-lain
4. Controlling
PT Adhi Karya melakukan pengawasan secara umum oleh
manajemen atas perusahaan yaitu Direktur Utama dan bawahannya. Selain itu,
karena perusahaan ini berbentuk perseroan terbatas maka para pemegang saham
secara tidak langsung akan ikut mengawasi kinerja perusahaan.
CSR
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social
Responsibility (CSR) pada PT Adhi Karya merupakan tuntutan para pemangku
kepentingan (baik pemegang saham, karyawan, pemasok, partner, pemerintah,
Lembaga Swadaya Masyarakat, masyarakat secara luas maupun lingkungan alam). PT Adhi senantiasa menyelaraskan pertumbuhan
perusahaan dengan kepedulian terhadap masyarakat dan kepedulian terhadap
pelestarian lingkungan alam. Di lingkup bisnis, PT Adhi menerapkan perlindungan
hak-hak konsumen dengan menerapkan Kebijakan Mutu dan Pemeliharaan Lingkungan.
PT Adhi juga membentuk Pusat Pengaduan Konsumen yang menjadi media untuk
membahas masalah-masalah yang muncul di lapangan. Kepada para konsumen dan
pelanggan, pada tahun 2007, PT Adhi telah melakukan survey tingkat kepuasan
pelanggan atas jasa yang diberikan oleh perusahaan. Hasil survey lembaga
independen tersebut menyatakan, 84% responden puas dengan jasa dan layanan yang
diberikan. Sebagai BUMN, PT Adhi
dituntun oleh Program Kemitraan untuk membantu pengembangan ekonomi skala kecil
dan mikro, serta Program Bina Lingkungan untuk membantu pengembangan
masyarakat. Pendanaan Program Kemitraan diperoleh dari penyisihan laba bersih
maksimal 2% per tahun. Untuk tahun 2007, PT Adhi telah menyalurkan Rp 2,272
milyar untuk mendanai usaha mikro dan kecil dengan bunga lunak. Naik 100%
dibanding alokasi tahun 2006 yang sebesar Rp 1,100 miliar. Sebaran bantuan dana
Rp 2,272 miliar itu dilakukan di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung, Jawa
Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah serta
Jawa Timur. Program Bina Lingkungan PT Adhi untuk tahun 2007 dialokasikan
sebesar Rp 204,750 juta. PT Adhi juga membantu penderitaan korban bencana alam
di Balikpapan, Jakarta, Kudus, dan Bojonegoro.
Kesimpulan CSR dan Etika Perusahaan
Dalam pelaksanaannya PT Adhi Karya sudah melakukan tugas
yang sangat baik dalam memenuhi tanggung jawab sosialnya. Jika dilihat dari
sisi strategi, PT Adhi menggunakan strategi proaktif. Banyak sekali dana yang
dikeluarkan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosialnya. Perusahaan
ini memandang bahwa tanggung jawab sosial adalah tanggung jawab untuk memuaskan
stakeholders, yang nantinya akan membuat citra perusahaan akan menjadi lebih
baik.
Secara etika PT Adhi Karya juga tidak melakukan hal-hal yang
melanggar etika bisnis. Perusahaan sudah melakukan survey yang membuktikan
bahwa mereka tidak mengecewakan konsumen yang berarti kualitas kerja mereka
terjamin.
http://prayogac.blogspot.co.id/2011/03/poac-csr-dan-etika-dalam-perusahaan.html
Komentar